Close

Peluang January Effect 2020

Sebelumnya kami sudah mengulas potensi january effect di saham-saham syariah (baca lagi: Januari Effect Saham Syariah). Secara umum pasar saham Indonesia yang diwakili oleh IHSG selama sepuluh tahun terakhir periode 2011-2020 menunjukkan kecenderungan terdampaknya efek januari, dimana rata-rata pengembalian pasar pada bulan Januari lebih besar dibandingkan bulan-bulan lainnya. 

Apabila diperhatikan secara detail seasonality IHSG di atas, maka 70% IHSG di bulan Januari mengalami kenaikan. Artinya, terdapat peluang kenaikan lebih besar daripada penurunannya. Terlebih, adanya harapan pemulihan baik ekonomi maupun sosial di tahun baru 2021 nanti menjadi faktor yang harus dipertimbangkan dalam analisa ini.

Selain itu, pergerakah IHSG selama sepuluh tahun terakhir tentu tidak terlepas dari pergerakan saham-saham market mover seperti blue chip yang mempunyai kapitalisasi pasar yang besar sehingga mendorong kenaikan IHSG. Saham-saham tersebut sudah dirangkum dalam data Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kategori perusahaan LQ45.

Melihat data tersebut menunjukkan jika pergerakan IHSG dipengaruhi oleh saham-saham dengan likuiditas dan kapitalisasi pasar yang besar. Seasonalitas pergerakan LQ45 similir dengan pergerakan IHSG. Data tersebut juga menunjukkan bahwa 70% probabilitas di bulan Januari LQ45 mengalami kenaikan .

Lalu, apa saham LQ45 yang berpotensi naik di bulan Januari 2021?

Berikut analisa secara eksklusif saham-saham LQ45 untuk member Private Investing Room YEF, yang layak investasi dan berpotensi profit di bulan Januari.

Berikut 2 saham LQ45 yang berpotensi naik dibulan Januari 2020

Belum jadi member Private Investing Room: Join Now

Mengenal layanan panduan investasi saham Private Investing Room

Market Intelligent: Dianita A
Editor: Yusuf Efendi

[ninja_tables id=”5981″]

Social Share