Close

Review Kinerja BJTM

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) total akibat dari pandemi Covid-19 menjadikan emiten-emiten di hampir semua sektor termasuk perbankan terkena dampaknya. Emiten perbankan dihantui potensi meningkatnya Non-Performing Loan (NPL). Selain itu, mulai tahun ini sektor perbankan juga diwajibkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk menerapkan standar akuntansi baru PSAK 71. Dengan diberlakukannya PSAK 71, aturan pencatatan baru ini akan mempengaruhi laba bank, karena kategori pinjamanan akan turun dan pencadangan akan naik. Dampak yang terjadi dari PSAK 71 akan semakin berlipat ganda bagi bank yang memiliki banyak kredit macet.

Lalu bagaimanakah bagaimana kinerja sementara ini untuk emiten PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (BJTM) sebagai salah satu perbankan?

PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (BJTM) merupakan perusahaan BUMD dengan bidang usaha perbankan. Produk BJTM ada 3 yaitu dana pihak ketiga, pembiayaan/kredit dan layanan jasa bank jatim.

Kinerja BJTM Selama 5 Tahun Terakhir

Selama 5 tahun terakhir, kinerja BJTM sangat mengesankan. Pertumbuhan BJTM tidak pernah mencatatkan penurunan, terlebih pada kinerja bottom line BJTM konsisten mengalami kenaikan di setiap tahunnya.

Kinerja BJTM Selama Sembilan Bulan Tahun 2020

This image has an empty alt attribute; its file name is image-30.png

Sepanjang sembilan bulan tahun 2020, pendapatan BJTM mengalami kenaikan sebesar 3,29% secara year on year didukung oleh pertumbuhan kredit. Namun laba bersih BJTM tercatat turun sebesar 3,59% secara year on year dari 1,14 triliun menjadi 1,10 triliun. Berdasarkan laporan keuangan yang diterbitkan Bank Jatim, penurunan laba bersih Bank Jatim diakibatkan oleh peningkatan biaya provisi yang memang menggerus kinerja di sektor perbankan. Menurut penilaian kami kinerja BJTM masih sangat baik ditengah pandemi dan kondisi ekonomi yang terpuruk.

Lalu, Bagaimana Dengan Valuasi Saham BJTM Saat Ini?

This image has an empty alt attribute; its file name is image-35.png

Kemudian berdasarkan valuasi, saham BJTM saat ini diperdagangankan dengan PE ratio sebesar 6,35x. berdasar PE tergolong murah jika dibandingkan PE mean standar deviasi sebesar 7,82x, PE industri 18,15x dan PE sektor 18,87x. Lalu jika berdasarkan PBV ratio, saat ini BJTM memiliki PBV sebesar 0,97x tergolong murah jika dibandingkan PBV mean standar deviasi sebesar 1,18x, PBV industri 1,23x dan PBV sektor 2,00x. Dapat kami simpulkan dilihat dari PE ratio dan PBV ratio, saham BJTM termasuk murah baik secara internal maupun eksternal.

Lalu apakah BJTM layak investasi dan saat ini adalah waktu yang tepat berinvestasi disaham ini?

Berikut rekomendasi untuk saham BJTM kami sajikan secara eksklusif untuk member Private Investing Room (PIR)

Analisa Kelayakan Investasi BJTM

Belum jadi member Private Investing Room: Join Now

Mengenal layanan panduan investasi saham Private Investing Room

Market Intelligent: Diana AP dan Sektia Bayu
Editor: Yusuf Efendi

Disclaimer on

Analisa dibuat oleh YEFTrader secara independen dengan itikad baik. Keputusan beli dan jual ada ditangan member sepenuhnya. Cermati dan analisa kembali sebelum memutuskan beli ataupun jual. Informasi diatas hanya diperuntukan member Private Trading Room. Dilarang keras menyebarluaskan info diatas tanpa seizin YEF.

Social Share