Close

Indikator Ini Berhasil Mengalahkan Investor Asing

Foreign investor killer

Banyak orang menganggap investor asing itu superior dan dominan seolah mereka lebih pintar dari kita-kita pemain lokal. Kami setuju power dari investor asing memang besar tapi untuk masalah kepintaran dan keakurasian kami kurang setuju. Melihat opini-opini di media mainstream yang selalu mengangung-agungkan investor asing membuat kami tertantang untuk membuat sebuah indikator.

Malam ini kami ingin menunjukan kepada anda salah satu indikator yang cukup favorit dan tentunya sudah teruji mampu mendahului keputusan investor asing. Saat ini banyak orang berpendapat jika mau sukses di pasar, harus ikuti dengan asing. Kami kurang setuju karena jika kita hanya ikut-ikutan hasilnya pasti lebih kecil dari mereka yang kita ikuti karena ada delay information dari leader (asing) kepada follower-nya (grassroots investor). Terus terang dalam trading kami hanya menjadikan investor asing sebagai opini terakhir untuk mengambil keputusan, Mengapa? Karena kami tidak mengetahu motif dan trading plan mereka. Jadi mau tidak mau jika kita ingin profit besar ,salah satu caranya adalah bertindak lebih cepat dan akurat dari investor asing.

Menggunakan indikator yang kami beri nama FIK (Foreign Investor Killer), kita bisa mendahului action mereka. Indikator ini dibangun untuk membaca lebih awal sebelum ada reaksi besar dari investor asing. Indikator ini sebenarnya sudah lama kami gunakan dan terus kami sempurnakan didalam sistem PTR dan hasilnya anda dapat lihat di https://yefadvisor.com/kinerja-trading/. Sejak tahun 2018, indikator ini membantu sistem Private Trading Room membukukan kinerja pertumbuhan portofolio sebesar +46%. Indikator ini hanya salah satu dari banyak indikator yang kami kombinasikan untuk saling menutupi satu dengan lainnya.

Nah, seperti apa indikatornya? Di bawah ini adalah contohnya

$IHSG With FIK

Sebelum kami membandingkan dengan indikator Net Foreign Trx, kami akan menjelaskan terlebih dahulu bagaimana aturan dari indikator ini. Pertama, indikator ini memiliki tiga area, yaitu Fear, Neutral & Greed Area. Kemudian, ada Black & Red Line.

Aturan Indikator FIK

  1. Buy jika black line memotong keatas red line di Greed Area
  2. Sell Jika Black Line memotong kebawah Red line line di Fear Area
  3. Hold/Diam jika ada perpotongan di neutral area.

Kembali melihat (Gambar: Chart IHSG)

Signal Buy muncul pertama kali sejak awal Maret pada tanggal 24 Maret 2020 ketika itu IHSG di 3900-an kemudian Signal Sell muncul pada 7 April 2020 ketika IHSG membentuk resist 4975. Jika kita Total Upside yang terbaca dari 3900 ke 4900-an itu sesuatu yang luar biasa. Andaikan bisa beli IHSG kita bisa beli diharga super bawah dan jual diharga super atas.

Lalu bagaimana dengan investor asing?

IHSG with FIK & Foreign Net BuySell

Mari kita langsung bandingkan indikator FIK ini dengan Foreign Net Buy/Sell:

  1. FIK menunjukan Signal Buy pertama kali pada 24 Maret 2020 IHSG di 3900, Net Foreign Buy pertama kali muncul pada 26 Maret 2020 dimana tercatat net buy sebesar Rp. 500-600B dan IHSG sudah diatas 4200-an. Kali ini FIK unggul 2 hari mendahului aksi beli investor asing.
  2. FIK menunjukan Signal Sell pertama pada 7 April 2020 IHSG berada di 4900-an. Anehnya, investor asing malah mencatatkan Net Buy 300B pada tanggal 13 April 2020 IHSG di 4600 sebelum IHSG drop kebawah 4500 lagi. Lagi-lagi FIK menang telak, kali ini FIK mendahului aksi jual asing.
  3. Kemudian FIK Kembali memberikan signal Buy kedua setelah Maret 2020 pada tanggal 18 Mei 2020 IHSG dibawah 4500. Keesokan harinya pada tanggal 19 Mei 2020, investor asing justru tercatat Net Sell Super Jumbo sebesar Rp 2 T. Setelah aksi jual besar-besaran ini $IHSG rally sampai dengan hari ini. Kemudian, asing baru masuk kembali pada 28 Mei 2020 ketika IHSG sudah naik di 4700-an. Sell Low Buy Higher?

Bottom Line

Kesimpulannya, mungkin untuk saat ini anda tidak bisa profit sebesar investor asing dalam jumlah nominal, dikarenakan dana mereka jauh lebih besar, tapi kami yakin anda bisa profit lebih besar dalam persentase. Anda bisa beli diharga lebih rendah dari pembelian investor asing dan menjualnya diharga lebih tinggi dari harga jual investor asing.

Pada Webinar YEFEDU kami akan berikan “Rahasia Membangun Sistem Trading Terbaik Untuk Menghasilkan Profit Konsisten Dari Pasar saham”.

Didalam seminar nanti kami akan memandu anda membuat indikator yang cocok dengan gaya trading anda sehingga trading menjadi lebih nyaman dan menghasilkan profit secara konsisten.

Social Share