Close

Mengukur Potensi Kebangkrutan Emiten Grup Bakrie Yang Sahamnya Dimiliki Jiwasraya

Minggu lalu kami telah membahas skandal kasus Jiwasraya mengenai adanya rilis resmi dari hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia. Dalam rilis resmi tersebut dinyatakan bahwa terdapat kerugian dari instrumen saham sebesar 4,6 Triliun rupiah dari total 16,8 Triliun rupiah. Menariknya dari total 97 emiten yang sahamnya dimiliki oleh Jiwasraya, terdapat 9 emiten grup Bakrie di dalamnya.

Berdasarkan pembahasan kami sebelumnya mengenai kinerja keuangan beberapa emiten bakrie, dalam hal ini kami mengambil contoh PT Bumi Resources Tbk ($BUMI) dan PT Bakrie Sumatera Plantations Tbk ($UNSP) ternyata keduanya termasuk pada emiten yang berfundamental kurang baik. Dengan kinerja keuangan yang kurang baik dan ditambah dari kinerja harga saham yang hampir semua emiten grup Bakrie pada daftar tersebut berada pada harga 50 rupiah, terkecuali $UNSP bukanlah sebuah sinyal yang bagus untuk bisnis emiten grup Bakrie kedepannya.

Baca lagi: Daftar Saham Grup Bakrie Masuk Skandal Jiwasraya

Lalu Skenario terburuk apa yang dapat terjadi pada emiten grup Bakrie yang sahamnya dimiliki Jiwasraya ini?

Seperti bisnis pada umumnya, skenario terburuk yang dapat terjadi pada suatu emiten adalah risiko kebangkrutan karena emiten sudah tidak mampu lagi memenuhi kewajibannya. Hal ini sangat mungkin terjadi jika kita melihat bagaimana kinerja keuangan emiten grup Bakrie yang kami bahas di artikel sebelumnya tersebut. Contohnya $UNSP yang dalam 5 tahun terakhir selalu mengalami net income negatif atau rugi bersih.

Pada kesempatan kali ini kami akan melakukan analisa potensi kebangkrutan yang mungkin saja dialami 9 emiten grup Bakrie yang sahamnya dimiliki oleh Jiwasraya. Dalam analisa ini kami akan menggunakan metode Altman Z-score. metode ini merupakan model financial distress prediction untuk mengukur kategori potensi kebangkrutan emiten.

Bagaimana hasil analisanya?

Apakah banyak diantara emiten grup Bakrie tersebut yang kondisi keuangannya berpotensi mengalami kebangkrutan?

Selengkapnya: Analisa Potensi Kebangkrutan Emiten Grup Bakrie Yang Sahamnya Dimiliki Jiwasraya

Eksklusif untuk member Private Investing Room Reguler (PIR) dan Syariah (PIRS)

Selain mendapatkan riset investasi eksklusif di atas, Member Private Investing Room Reguler (PIR) dan Syariah (PIRS) juga akan mendapatkan rekomendasi saham-saham layak investasi lengkap dengan instruksi akumulasi distribusi serta konsultasi portofolio investasi.

Daftar sekarang
Link registrasi :
yefadvisor.com/register

Market Intelligent: Danny Ramadhan
Editor: Novi DA